Cuaca semakin sulit untuk ditebak, terkadang panas sangat menyengat, namun tiba-tiba bisa berubah menjadi hujan dan dingin menusuk tulang. Tidak jarang timbul perasaan malas untuk melakukan aktivitas dalam cuaca yang ekstrem seperti itu. Karena itulah kita perlu menjaga kekebalan tubuh agar tetap fit, sehingga aktivitas tidak terganggu.

“Dalam cuaca ekstrem, tubuh sering tidak siap menerima perubahan. Tapi bagi perkerja atau mereka yang mempunyai kegiatan, tentu harus tetap beraktivitas. Karena itu diperlukan daya tahan tubuh yang ekstra dalam menghadapi cuaca yang ekstrem itu”, ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dr Choirul Anwar, M.Kes.

Memang, katanya, daya tahan tubuh bisa didapat tanpa menggunakan suplemen. Cukup dengan mengkonsumsi makanan yang bersih dan sehat, serta pengolahan yang tepat, daya tahan tubuh yang fit bisa didapatkan. Caranya dengan pola makan makanan yang bernar, tepat dan teratur. Dengan demikian tentunya tidak harus dengan suplemen. Makanan tepat yang dimaksud adalah buah-buahan dan sayuran. Buah mengandung vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh. Sedangkan sayuran terdapat serat yang dapat mempercepat metabolisme. Selain itu, buah dan sayuran mengandung antioksidan yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Harus dihindari pula perubahan suhu yang ekstrem. Misal perpindahan aktivitas langsung dari dalam ruangan ber-AC ke ruang terbuka yang panas. “Saat terkena panas matahari yang terik, jangan langsung minum air es karena tubuh harus menyesuaikan diri dan membutuhkan cukup waktu supaya terjadi keseimbangan,” ingatnya.

Diingatkan di Choirul Anwar, untuk menghindari cuaca ekstrem, yang harus dilakukan adalah menjaga kekebalan tubuh. Caranya dengan makan makanan bergizi dan dilakukan secara teratur.

“Makan harus teratur, selain itu juga lengkap kandungan karbohidrat, vitamin dan mineralnya,” ujarnya.

Selain makan secara teratur, olahraga juga perlu dilakukan. Yang tak kalah penting, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar secara teratur. Dengan demikian, tidak ada istilah pantang dalam menghadapi cuaca ekstrem, karena yang terpenting adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

Kekebalan tubuh merupakan benteng atau pelindung tubuh dari serangan penyakit. Jika kekebalan tubuh turun, bisa berakibat gampang sakit-sakitan. Akibatnya beragam penyakit bisa berkembang biak dalam tubuh.

Menurut Peneliti Kimia Farmasi dari Universitas Negeri Yogyakarta Prof Dr Nurfina Azram SU Apt, rimpang jahe mengandung minyak atsiri yang bisa bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. Sifat zat atsiri yang berasa pahit dan pedas mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Ada tips sederhana untuk mencegah masuk angin, sakit flu dan pusing. Caranya rebus dua rimpang jahe yang sudah dibakar dan ditumbuk bersama dengan tiga batang sereh, ditambah dengan 8 helai daun jeruk, dan gula jawa secukupnya. Rebus sampai masak dan berkurang airnya. Minum setiap sore dan menjelang tidur. Selamat mencoba dan rasakan khasiatnya!


0 Responses to “CUACA EKSTREM, TINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: