BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Olahraga adalah salah satu dari bentuk peningkatan kualitas manusia Indonesia yang diarahkan pada pembentukan watak dan kepribadian, disiplin dan sportivitas yang tinggi, serta peningkatan prestasi yang dapat membangkitkan rasa kebangsaan nasional. Dalam kehidupan modern ini manusia tidak dapat dipisahkan dengan olahraga. Baik untuk arena adu prestasi ataupun sebagai kebutuhan untuk menjaga hidup tetap sehat.

Dewasa ini siapa yang tidak mengenal tenis lapangan. Olahraga ini tidak kalah tenarnya dengan sepakbola ataupun badminton, tetapi memang diakui bahwa peminat olahraga ini sebagian besar adalah orang-orang dari tingkat ekonomi menengah ke atas. Karena memang biaya peralatan dan fasilitas pendukungnya tergolong mahal. Walaupun begitu olahraga tenis lapangan mempunyai tempat tersendiri di hati para peminatnya.

Dulu permainan ini biasanya hanya dimainkan oleh pengusaha-pengusaha atau bos-bos besar yang hidup mapan. Dan olahraga ini dilakukan hanya sebagai hobi mereka setelah penat bekerja seharian, tetapi ada juga yang menganggapnya sebagai gengsi.

Tahun demi tahun olahraga ini terus berkembang mulai dari peralatan yang digunakan, perwasitannya, bahkan sampai peminatnya. Tidak heran sekarang ini banyak anak-anak kecil yang berlatih atau sekedar ikut orangtuanya bermain. Karena olahraga ini juga dipertandingkan di tingkat pelajar. Kemampuan mereka pun tidak boleh di anggap remeh. Memang sekarang ini banyak klub-klub tenis lapangan yang dibentuk untuk menyalurkan kesenangan atau hobi mereka. Walaupun demikian lembaga sekolah juga tak kalah untuk ikut andil. Memang tidak semuanya, tetapi ada beberapa sekolah yang menyantumkan tenis lapangan sebagai ekstrakurikuler sekolah. Di samping memberikan pelajaran teori tentang olahraga tenis lapangan.

B.  Rumusan Masalah

Dari uraian latar belakang di atas dapat ditulis rumusan masalah sebagai berikut

  1. Apa saja yang perlu dipelajari atau diberikan pendidik kepada peserta didik mengenai pembelajaran tenis lapangan?
  2. Bagaimanakah cara melakukan teknik pukulan forehand dan backhand yang benar?

BAB II

PEMBAHASAN

Tenis merupakan salah satu cabang olahraga yang dilakukan oleh seorang atau sepasang pemain yang berhadapan dengan dibatasi oleh jaring. Untuk memainkannya diperlukan raket dan bola yang terbuat dari karet yang berisi angin dan terbungkus dari bulu kempa. Selain membutuhkan kekuatan memukul bola, juga keterampilan menempatkan bola pada sisi yang kosong, agar pihak lawan sulit mengembalikan.

Tujuan orang bemain tenis antara lain adalah untuk mendapatkan kesenangan, memenuhi hasrat bergerak, memelihara kesehatan tubuh dan untuk mencapai prestasi.

Sebagai seorang pendidik harus memberikan materi ajar secara keseluruhan. Sehingga nantinya peserta didik atau siswa mampu menguasai berbagai hal dan dapat memperoleh pengalaman baru. Mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan wahana bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan gerak Biasanya yang diberikan adalah materi dasar atau teknik-teknik dasar dalam tenis lapangan, diantaranya cara memegang raket, posisi sikap siap, servis, pukulan forehand, dan pukulan backhand. Tetapi dalam makalah ini tidak dijelaskan lebih lanjut mengenai cara memegang raket.

Selain mengetahui cara memegang raket,  hal pertama yang perlu diketahui siswa dalam pembelajaran tenis lapangan adalah penempatan kaki dan penguasaan berat badan. Keberhasilan seorang pemain dalam mempersiapkan diri untuk melakukan pukulan dengan baik dan tepat tergantung dari ketepatan kaki yang benar dengan keseimbangan yang sempurna. Gambar cara melakukan sikap siap.

Cara melakukan penempatan kaki dan penguasaan berat badan adalah sebagai berikut:

  1. Untuk menuju ke bola yang agak jauh ke samping atau ke depan dari badan, baik ke arah forehand maupun backhand pergunakan langkah silang.
  2. Jika bola datang ke sebelah kanan, melangkahlah dengan kaki kiri, sebaliknya jika bola datang ke sebelah kiri, melangkahlah ke dengan kaki kanan.
  3. sebaliknya bila bola datang menuju ke arah badan, maka langkahkan kaki kanan mundur ke belakang untuk melaksanakan pukulan forehand atau melangkahkan kaki kiri mundur ke belakang untuk melaksanakan pukulan backhand.

Pembelajaran selanjutnya adalah pukulan servis. Servis merupakan pukulan yang penting dalam bermain tenis. Setiap permainan selalu dimulai dengan pukulan servis. Servis yang keras dengan penempatan bola yang baik merupakan senjata untuk melancarkan serangan pertama, bahkan sekaligus dapat langsung memperoleh angka. Dan cara untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pegang raket dengan pegangan kontinental.
  2. Berat badan dipindahkan ke depan pada saat melambungkan bola dan mengayun raket ke bawah.
  3. Lambungkan bola ke atas, di depan sebelah kanan badan.
  4. Posisi raket seperti hendak diputar dan lutut dibengkokkan.
  5. Luruskan kaki ketika hendak memukul bola.
  6. Pukul bola dengan posisi tangan lurus dan berat badan berada di atas kaki depan.
  7. Kaki belakang digerakkan ke depan, raket terus diayunkan ke bawah dan ke sisi.
  8. Jaga keseimbangan.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:

Jika sudah menguasai teknik dalam melakukan pukulan sevis, kemudian pembelajaran selanjutnya adalah teknik pukulah forehand drive. Ada empat hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pukulan forehand drive, yaitu sebagai berikut:

  1. Pada saat bola sudah mulai meninggalkan raket lawan, putar badan ke depan pada pinggul, sehingga bahu kiri menghadap ke arah net dan raket mengarah ke samping lapangan.
  2. Saat bola lawan telah melewati net dan akan jatuh ke lapangan, siapkan kaki kiri untuk melangkah ke depan, sedangkan kepala raket mulai diturunkan sampai setinggi pinggang dan berakhir menuju ke arah belakang.
  3. Pada saat bola memantul, berat badan mulai dipindahkan dari kaki kanan ke kaki kiri. Bersamaan dengan itu, pukul bola di depan pinggul kiri.
  4. Setelah bola dipukul, lanjutkan gerakan dengan lurus ke depan ke arah net. Jangan sekali-kali menghentikan gerakan lanjutan ini walupun dengan maksud memukul bola dengan pelan.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat gambar di bawah ini:

Selain pukulan forehand drive, dalam tenis lapangan juga dikenal pululan backhand drive. Pukulan backhand drive dilakukan ketika posisi bola berada di samping kiri badan. Adapun cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Putar tangan seperempat lingkaran ke arah kiri dari pegangan forehand estern.
  2. Pegang raket lebih kuat untuk mengendalikan pukulan dengan baik.
  3. Pegangan diubah pada saat mulai membawa raket ke samping kiri badan.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat gambar di bawah ini:

Beberapa teknik di atas merupakan bagian dari teknik-teknik dasar yang perlu diajarkan kepada peserta didik. Hal ini dimungkinkan untuk menambah dalam penguasaan bermain tenis lapangan.

BAB III

PENUTUP

  1. Kesimpulan

Berdasarkan uraian yang telah dijabarkan pada pembahasan di atas dapat ditulis kesimpulan bahwa pembelajaran teknik-teknik dasar dalam olahraga tenis lapangan perlu diberikan kepada siswa. Selain memberikan pengetahuan juga menambah pengalaman bagi mereka tentunya. Aspek-aspek yang terkandung didalamnya juga dapat bermanfaat dalam kehidupannya, seperti sportivitas, tanggung jawab, jujur, pantang menyerah, dan aspek lainnya.

Peralatan yang digunakan dalam olahraga ini memang tergolong tidak murah. Tetapi untuk proses pembelajaran, peralatan yang digunakan dapat dimodifikasi dengan tidak mengesampingkan fungsi utamanya. Misalnya saja raket, bisa digunakan raket yang terbuat dari kayu. Selain murah juga mudah digunakan untuk pemula.

  1. Saran

Bagi para pendidik khusunya guru Pendidikan Jasmani jangan mengesampingkan olahraga-olahraga yang tergolong sebagai olahraga mahal. Karena dalam proses pembelajaran tidak dinilai murah atau mahalnya biaya yang ditanggung, tetapi bagaimana kita bisa memberikan materi ajar secara keseluruhan. Seminimal atau sesedikit apapun materi yang diberikan pastilah akan bermanfaat dan menambah pengetahuan peserta didik.

DAFTAR PUSTAKA

Muhajir. (2006). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Jilid 3 untuk SMA Kelas XII. Jakarta: Erlangga.


0 Responses to “PEMBELAJARAN TEKNIK FOREHAND DRIVE DAN BACKHAND DRIVE DALAM TENIS LAPANGAN”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: